You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Babakan
Desa Babakan

Kec. Ciparay, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BABAKAN KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT.

PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH RUMAH TANGGA DARI DOSEN UNPAS

26 November 2019 Dibaca 462 Kali
PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH RUMAH TANGGA DARI DOSEN UNPAS

Babakan, Senin 25 November 2019, Masih banyak masyarakat di sekitar kita yang membakar sampah Plastik bersamaan dengan jenis sampah lainnya. Namun sebenarnya ini tidak aman bagi kesehatan dan lingkungan di sekitar karena menghasilkan asap putih beracun. Karena itulah kita sebaiknya mengetahui cara mengelola sampah rumah tangga.

Berdasarkan dengan masih banyaknya masyarakat di sekitar kita khusus nya masyarakat desa babakan yang belum tau cara mengolah sampah dengan baik, Maka pada hari senin 25 november 2019 para dosen UNPAS Bandung Mengadakan Pelatihan Pengolahan Sampah Rumah Tanga yang di laksanakan di Aula Desa Babakan Dengan dihadiri para ibu kader desa babakan.

Faktanya, memang masih banyak yang bingung tips mengelola sampah di rumah agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan maupun lingkungan. Tujuan pengelolaan sampah yang benar adalah untuk membuat sampah punya nilai ekonomi atau mengubahnya menjadi bahan yang tidak membahayakan lingkungan. Secara garis besar sampah bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan anorganik.

Sampah organik adalah sampah yang berasal dari alam, seperti sisa makanan atau daun. Dengan kata lain, semua sampah yang dapat terurai dengan mudah adalah sampah organik. Sementara sampah plastik, karet, kaca dan kaleng masuk ke dalam kategori sampah anorganik. Sampah anorganik baiknya dibuang di tempat yang memiliki alat pelebur plastik atau alat daur ulang.

Cara mengelola sampah rumah tangga organik yang paling mudah adalah dengan membuatnya menjadi pupuk kompos yang dapat digunakan untuk berkebun, Sebagian sampah anorganik dapat didaur ulang, seperti kertas, kardus, botol kaca, botol plastik, atau kaleng.

Kemudian jangan lupa memanfaatkan barang bekas agar bisa digunakan kembali. Seperti memanfaatkan botol plastik bekas untuk dijadikan pot tanaman. Selain itu, masih banyak lagi barang bekas yang bisa digunakan kembali dengan ide kreatif anda.

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan cara mengelola sampah rumah tangga dan mendaur ulang sampah-sampah anorganik agar terus menghadirkan manfaat bagi lingkungan.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image