You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Babakan
Desa Babakan

Kec. Ciparay, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BABAKAN KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT.

Pemberian Stimulan bagi Penderita Stunting dan Pengarahan Masalah Gizi bagi Keluarga

25 Mei 2019 Dibaca 486 Kali
Pemberian Stimulan bagi Penderita Stunting dan Pengarahan Masalah Gizi bagi Keluarga

Apa Itu Stunting...???

          Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada tubuh dan otak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Kekurangan gizi dalam waktu lama itu terjadi sejak janin dalam kandungan sampai awal kehidupan anak (1.000 Hari Pertama Kelahiran).

Nah Lalu Apa Penyebabnya?

       Hal ini karena rendahnya akses terhadap makanan bergizi, rendahnya asupan vitamin dan mineral, dan buruknya keragaman pangan dan sumber protein hewani. Faktor ibu dan pola asuh yang kurang baik terutama pada perilaku dan praktik pemberian makan kepada anak juga menjadi penyebab anak stunting apabila ibu tidak memberikan asupan gizi yang cukup dan baik. Ibu yang masa remajanya kurang nutrisi, bahkan di masa kehamilan, dan laktasi akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan tubuh dan otak anak.

Lalu Bagaimana Mencegah Stunting??

        Perbanyak makan makanan bergizi yang berasal dari buah dan sayur lokal sejak dalam kandungan. Kemudian diperlukan pula kecukupan gizi remaja perempuan agar ketika dia mengandung saat dewasa tidak kekurangan gizi. Selain itu butuh perhatian pada lingkungan untuk menciptakan akses sanitasi dan air bersih.

        Oleh karena itu, pemerintah desa Babakan khususnya bidang Pemberdayaan Masyarakat bekerja sama dengan Bidan Desa untuk membantu mengurangi jumlah stunting yang ada di desa Babakan. Salah satunya dengan memberikan pengarahan kepada keluarga stunting bagaiaman pemberian gizi yang baik pada anak, dan memberikan bantuan berupa makanan bergizi, seperti susu, telur, buah-buahan, sembako dan lain sebgainya supaya tidak ada lagi balita yang mengalami stunting. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 24 Mei 2019 pukul 09.00 Wib sampai dengan selelsai di Poskesdes Desa Babakan bersama Pjs. Ketua Tp. PKK Desa Babakan dan Kader desa Babakan.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image